Petasan Meledak di Weleri Kendal, Tiga Orang Terluka | LKTNews.com

Petasan Meledak di Weleri Kendal, Tiga Orang Terluka

Petasan Meledak di Weleri Kendal, Tiga Orang Terluka
Lokasi petasan meledak di Kendal. (Foto: detikjateng)

WELERI, LKTNews.com - Ledakan petasan atau mercon terjadi di sebuah rumah di Kendal, Jawa Tengah, Kamis (20/4/2023) pagi. Tepatnya di Dusun Besokor, RT 2 RW Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri. Akibatnya, dua dari tiga korban mengalami luka bakar hingga 70 persen.

Dikutip LKTNews.com dari CNNIndonesia, Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam mengatakan, tiga korban adalah Yulio Ferdian Wildan (17) dengan luka bakar di tangan, muka dan kaki sekitar 60-70 persen.

Kemudian, Suparman (44) mengalami luka bakar di muka, dada, kaki sebesar 60-70 persen.

Baca Juga: 2 Kelompok Pemuda Terlibat Aksi Tawuran Bersenjata Tajam di Weleri Kendal

"Suparman mengalami luka bakar 60-70 persen di muka, dada, kaki kanan dan kiri, luka sobek pembuluh dalam lengan kanan atas dan bawah ketiak, juga luka sobek pada betis kanan dan betis kiri, serta jari kaki kiri harus diamputasi," terang Jamal.

Sedangkan, Danny Septiyanto (18) hanya mengalami luka di kepala dan lutut. "Dani Septiyanto cuma menjalani rawat jalan," ucap Jamal.

Mercon Meledak di Weleri Kendal, Tiga Orang Terluka
Rumah rusak parah akibat ledakan mercon di Weleri Kendal. (Foto: iNews)

Dua korban luka bakar dibawa ke RSI Muhammadiyah, sedangkan korban luka kepala dan lutut menjalani rawat jalan.

Jamal menjelaskan peristiwa itu berawal saat Yulio mengoplos bubuk almunium powder dan bubuk sulfur menjadi bubuk obat mercon. Bubuk itu dibeli melalui aplikasi online.

Baca Juga: Diduga Korsleting, Mobil di Ngampel Kendal Hangus Terbakar

"Pada hari Sabtu tanggal 15 April 2023 pukul 00.30 WIB, korban 1 (Yulio) mengoplos bubuk almunium powder dan bubuk sulfur menjadi bubuk obat mercon," kata Jamal dalam keterangan tertulis, Kamis (20/4/2023).

Lalu, pada Kamis sekitar pukul 02.00 WIB, Yulio memasukkan bubuk obat mercon ke dalam selongsong yang sudah dia siapkan.

Danny, korban lainnya, membantu merapihkan dan membersihkan mercon yang sudah jadi.

Baca Juga: Diduga Korsleting Listrik, 3 Rumah di Kendal Ludes Terbakar

"Pada hari Kamis tanggal 20 April 2023 pukul 05.00 WIB, Yulio meracik dan membuat petasan atau mercon kembali," ujar Jamal.

Petasan Meledak di Weleri Kendal, Tiga Orang Terluka
Petugas melakukan olah TKP di lokasi pembuatan petasan yang meledak di Dusun Besokor, Desa Sidomukti, Weleri, Kendal. (Foto: Istimewa)

Namun ketika Danny hendak memasukkan sumbu ke selongsong yang sudah terisi bubuk obat mercon, dia menemui kendala karena lubang sumbu terlalu kecil.

Dia kemudian mencoba melebarkan lubang sumbu dengan menggunakan paku.

"Terjadi gesekan antara logam dengan bubuk obat mercon sehingga tercipta percikan api dari hasil gesekan yang mengakibatkan ledakan," pungkas Jamal.

Baca Juga: Sempat Dikira Boneka, Mayat Bayi Ditemukan di Irigasi Dekat Pasar Kangkung Kendal

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post