Diguyur Hujan Seharian, Sejumlah Wilayah di Kaliwungu Kendal Terendam Banjir | LKTNews.com

Diguyur Hujan Seharian, Sejumlah Wilayah di Kaliwungu Kendal Terendam Banjir

Diguyur Hujan Seharian, Sejumlah Wilayah di Kaliwungu Kendal Terendam Banjir
Banjir yang merendam pemukiman warga di Protowetan Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah, Minggu (6/11/2022). (Foto: Tangkapan layar/Dok LKTNews.com) 

KENDAL, LKTNews.com - Hujan yang mengguyur Kendal, Jawa Tengah (Jateng) sejak Minggu (6/11/2022) siang hingga petang, menyebabkan banjir di sejumlah wilayah.

Bahkan hampir seluruh wilayah di Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan terendam banjir hingga lebih dari 1 meter.

Dilansir dari ayosemarang, seperti di Dukuh Proto Wetan dan Proto Kulon Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan banjir akibat luapan sungai merendam rumah warga.

Jazuli, warga Protomulya mengatakan, ketinggian air di jalan lebih dari 1 meter, belum lagi di dalam rumah.

Baca Juga: Mobil Pengangkut BBM Terbakar di Jalan Raya Ngampel Kendal, 1 Orang Alami Luka Bakar Serius

"Ketinggian air di jalan saja lebih dari 1 meter belum lagi yang di dalam rumah bisa lebih terutama yang berada di sekitar sungai karena lebih rendah," kata Jazuli.

Warga sudah mulai dievakuasi khususnya yang rumah terendam hingga masuk kedalam. Sementara warga diungsikan ke rumah yang lebih tinggi.

"Air surutnya lama karena curah hujannya tinggi banget," lanjutnya.

Tidak hanya wilayah Protomulyo, luapan Sungai Aji juga merendam rumah yang ada di sekitar Pasar Gladak dan Kampung Jagalan.

Diguyur Hujan Seharian, Sejumlah Wilayah di Kaliwungu Kendal Terendam Banjir
Banjir di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Minggu (6/11/2022). (Foto: Tangkapan layar/Dok LKTNews.com)

Air limpasan juga menggenangi jalan utama di Kaliwungu baik di Pasar sore maupun sejumlah kampung di Kaliwungu.

Perumahan di belakang Pasar Pagi Kaliwungu juga terimbas genangan hingga masuk kedalam rumah.

Baca Juga: Gas Elpiji Bocor, Rumah Warga di Weleri Kendal Ludes Terbakar

Melansir tvonenews, berdasarkan data dari BPBD Kendal, banjir terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan. Diantaranya di jalan raya Plantaran dan pantura Sumberejo, Sarirejo, dan Desa Nolokerto Kaliwungu, dengan ketinggian bervariasi. 

BPBD Kendal mencatat, sedikitnya ada 56 rumah terendam banjir. Petugas bersama warga sudah membuat dapur umum, antara lain di Kampung Kewayuhan Desa Nolokerto Kaliwungu.

Hingga Minggu (6/11/2022) malam, BPBD Kendal masih siaga menunggu laporan apabila ada wilayah yang membutuhkan dapur umum tambahan atau bantuan lainnya. 

"Kita siapkan dapur umum dan aksi darurat lainnya, terutama di pemukiman warga yang dijadikan pengungsian sementara," ujar Khairul Huda, petugas penanganan bencana BPBD Kendal. 

Baca Juga: Dua Jembatan di Kendal Putus Diterjang Banjir, Akses Warga Terganggu

Selain banjir, BPBD Kendal juga mencatat sedikitnya ada dua pohon roboh akibat hujan deras, yaitu di depan SMP Negeri Brangsong dan di depan Puskesmas Brangsong. 

"Warga kami himbau untuk selalu waspada mengantisipasi banjir susulan, mengingat musim hujan masih akan terjadi," imbaunya.

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post