Dua Jembatan di Kendal Putus Diterjang Banjir, Akses Warga Terganggu | LKTNews.com

Dua Jembatan di Kendal Putus Diterjang Banjir, Akses Warga Terganggu

Dua Jembatan di Kendal Putus Diterjang Banjir, Akses Warga Terganggu
Kondisi Jembatan Sasak di Desa Nawangsari Kecamatan Weleri yang terputus sejak Jumat (21/10/2022) akibat diterjang banjir. (Foto: ayosemarang)

KENDAL, LKTNews.com - Dua jembatan penyeberangan di Kendal putus akibat hujan deras dan tidak bisa menahan derasnya air sungai. Dua jembatan tersebut yaitu jembatan Sasak di Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri dan jembatan Dusun Jati Gowok, Desa Kedungasri, Kecamatan Ringinarum.

Putusnya dua jembatan itu membuat akses warga terganggu. Pasalnya, jembatan itu termasuk akses utama yang sering digunakan masyarakat.

Jembatan putus saat hujan deras dan air meluap pada Jumat (21/10/2022). Akibatnya, warga harus memutar dan menempuh jarak yang lebih jauh. 

Baca Juga: Gantungan Jembatan Juwero di Gemuh Kendal Nyaris Roboh Tergerus Air Sungai

David, warga Nawangsari, Kecamatan Weleri mengatakan, akses jembatan Sasak di Desa Nawangsari sebenarnya sudah ditutup sejak Jumat (21/10/2022) sore. Sehingga tidak dilewati oleh kendaraan. Tapi, pada malam harinya jembatan itu putus akibat tersapu aliran Kali Bulanan yang deras.

"Kalau jembatan Sasak sebenarnya jalur alternatif. Karena jembatan Kali Bulanan yang jalur kabupaten masih dibangun. Tapi karena arus sungai yang deras, jembatan ini gak kuat nahan, jadinya putus," terangnya.

Baca Juga: Niat Tolong Keponakan, Pria Ini Malah Tewas Tenggelam di Sungai Blorong Darupono Kendal

Sekretaris Desa Nawangsari, Muhammad Zaki mengaku langsung melakukan koordinasi dan musyawarah terkait perbaikan jembatan sasak. Pihaknya menargetkan, awal November perbaikan jembatan bisa dilaksanakan. 

Terlebih, untuk memudahkan masyarakat yang sering menggunakan jembatan sebagai perlintasan alternatif. 

"Masih kita musyawarahkan. Anggarannya dari masyarakat untuk masyarakat. Secepatnya akan kita perbaiki, semoga awal November terlaksana," ujarnya, Minggu (23/10/2022). 

Sekda Kendal Sugiono menambahkan, jembatan sasak yang hanyut di Nawangsari bersifat sementara untuk pengendara umum. Itu karena jembatan tersebut adalah akses utama warga setempat. 

Baca Juga: Puluhan Rumah di Weleri Kendal Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Pihaknya juga mendukung dan mengapresiasi inisiatif serta swadaya masyarakat dalam membangun jembatan sasak. 

"Itu kan swadaya masyarakat. Semoga nanti bisa segera diperbaiki sehingga bisa digunakan untuk melintas," imbuhhnya. (Hanief Sailendra/halosemarang)

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post