Timnas Indonesia Terancam Tak Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Ini di Piala AFF 2022, Berikut Alasannya | LKTNews.com

Timnas Indonesia Terancam Tak Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Ini di Piala AFF 2022, Berikut Alasannya

Timnas Indonesia Terancam Tampil Tanpa 3 Pemain Naturalisasi Ini di Piala AFF 2022, Berikut Alasannya
Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Foto: Instagram/PSSI)

LKTNews.com - Timnas Indonesia terancam tak diperkuat pemain naturalisasi di Piala AFF 2022. Di antaranya yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. 

Hal ini disebabkan karena beberapa alasan yang berkaitan dengan alur dan prosedur administrasi yang panjang dan menghabiskan waktu.

Selain itu, tanggal pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2022 yang sudah mepet. Lalu, kondusivitas PSSI juga turut berpengaruh dalam mengawal proses naturalisasi para pemain keturunan ini untuk segera mendapatkan status sebagai WNI.

Dengan begitu, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama bakal menerima kenyataan pahit karena tak bisa membantu perjuangan anak asuh Shin Tae-yong berjuang di Piala AFF 2022.

Berikut adalah alasan Timnas Indonesia terancam tak diperkuat oleh tiga pemain naturalisasi di Piala AFF 2022, seperti dilansir dari laman Suara.

1. PSSI Banyak Hadapi Masalah

Alasan mengapa Timnas Indonesia terancam tampil tanpa pemain naturalisasi yaitu banyaknya masalah yang dihadapi PSSI. PSSI mengalami hambatan untuk mengurus proses naturalisasi pemain keturunan tersebut.

Hal ini tak terlepas dari situasi dan kondisi federasi yang ditimpa banyak sekali persoalan selepas meletusnya Tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober lalu.

Baca Juga: 5 Pelatih Lokal yang Bisa Gantikan Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia

Karena insiden itu, PSSI mendapat desakan luar biasa untuk segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) oleh sejumlah tim Liga 1 serta suporter.

Bahkan, sampai saat ini seluruh kompetisi sepak bola di Indonesia masih mandek karena belum juga mendapatkan izin penyelenggaraan.

2. Deadline Pendaftaran Mepet

Kemudian, salah satu alasan terkuat yang akan menghambat penampilan para pemain keturunan Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2022 yaitu waktu pendaftaran pemain yang mepet.

Sebagai informasi, tenggat pendaftaran skuad awal untuk Piala AFF 2022 akan jatuh pada 20 November 2022. Artinya, Timnas Indonesia hanya punya waktu kurang dari dua pekan.

Mepetnya ketersediaan waktu yang dimiliki oleh PSSI untuk mendaftarkan pemain ini bisa mengganjal Jordi Amat, Sandy Walsh, untuk tampil di Piala AFF 2022.

Baca Juga: 7 Pesepakbola Dunia yang Menikah dengan Wanita Indonesia, Nomor 5 Nikahi Model Cantik Tanah Air

3. Alur Prosedur Administrasi Negara

Untuk bisa mendapatkan status WNI, para pemain keturunan ini harus melewati sederet alur dan prosedur administrasi yang sangat panjang.

Sampai saat ini, Sandy Walsh dan Jordi Amat masih menanti surat Keputusan Presiden atau Keppres sebagai salah satu langkah untuk mendapatkan paspor Indonesia.

Baca Juga: 4 Pemain Keturunan Segera Dinaturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023

Keppres tersebut sampai detik ini juga belum diterbitkan. Padahal, setelah itu mereka masih harus melakukan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Mempertimbangkan panjangnya alur tersebut, maka peluang Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk bisa tampil pertama kali di Piala AFF 2022 semakin menipis.

Itulah alasan mengapa Timnas Indonesia terancam tak diperkuat oleh tiga pemain naturalisasi di Piala AFF 2022.

Baca Juga: Dewangga Punya Niat Pensiun Dini Usai Kalah di Piala AFF, Begini Pengakuannya

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post