Timnas Indonesia Catat 2 Rekor Sejarah di Piala Dunia | LKTNews.com

Timnas Indonesia Catat 2 Rekor Sejarah di Piala Dunia

Timnas Indonesia Catat 2 Rekor Sejarah di Piala Dunia
Pemain Timnas Indonesia saat ini. (Foto: PSSI)

LKTNews.com - Timnas Indonesia pernah berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia, yaitu pada tahun 1938 di Prancis. Pada waktu itu Timnas Indonesia masih bernama Hindia Belanda, dan tercatat sebagai perwakilan tim Asia pertama yang berlaga di Piala Dunia.

Selain itu, Timnas Indonesia juga mencatat rekor yang sulit dipecahkan oleh negara manapun, berikut ini adalah 2 catatan rekor sejarah Timnas Indonesia di Piala Dunia.

1. Negara Paling Sedikit Berlaga di Ajang Piala Dunia

Pada waktu itu indonesia lolos ke Piala Dunia tahun 1938 karena menggantikan posisi Timnas Jepang. Ketika itu grup kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 1938 terdiri dari 2 negara, yaitu jepang dan Indonesia yang waktu itu bernama Hindia Belanda. Tetapi Timnas Jepang yang lolos ke Piala Dunia 1938 menyatakan mundur, akhirnya Indonesia resmi lolos ke Piala Dunia 1938.

Baca Juga: Timnas Indonesia Terancam Tak Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Ini di Piala AFF 2022, Berikut Alasannya

Namun sayang sekali Hindia Belanda tidak dapat bertahan lama, mereka harus tereliminasi usai kalah dari Timnas Hungaria di laga pertamanya, pada 5 Juni 1938.

Timnas Hungaria mengalahkan Hindia Belanda dengan skor 6 - 0. Hal tersebut membuat Timnas Indonesia menjadi satu-satunya negara yang paling sedikit berlaga di Piala Dunia.

Baca Juga: 4 Pemain Keturunan Segera Dinaturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023

2. Satu-satunya Negara Asia Tenggara yang Lolos di Piala Dunia

Meskipun kalah dengan Timnas Hungaria, tetapi Timnas Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos di Piala Dunia, otomatis hingga saat ini Timnas Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang berhasil mengikuti ajang tersebut.

Prestasi ini jelas mengalahkan negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Vietnam maupun Singapura yang belum pernah menjajal Piala Dunia sampai saat ini.

Baca Juga: 7 Pesepakbola Dunia yang Menikah dengan Wanita Indonesia, Nomor 5 Nikahi Model Cantik Tanah Air

Hingga saat ini negara-negara Asia Tenggara masih kesulitan untuk bisa tampil di Piala Dunia, langkah mereka kerap terhenti di babak kualifikasi zona Asia.

Itulah 2 catatan rekor sejarah Timnas Indonesia di Piala Dunia yang wajib kamu ketahui.

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post