Ads

Dampak BBM Naik, Harga Cabai di Kendal Tembus Rp70.000 Per Kilogram

Dampak BBM Naik, Harga Cabai di Kendal Tembus Rp70.000 Per Kilogram
Foto cabai rawit. (Foto: mhomecare)

KENDAL, LKTNews.com
- Kenaikan bahan bakar minyak (BBM) Berdampak memicu kenaikan beberapa bahan pokok di pasar Kendal. Salah satunya yang mengalami kenaikan tertinggi yaitu cabai yang mencapai Rp70.000 per kilogram.

Kenaikan bahan pokok ini bervariasi, mulai dari Rp500 hingga Rp1.000. Kenaikan barang-barang di pasar ini dipicu oleh naiknya BBM sehingga berdampak pada biaya transportasi yang ikut naik juga.

Baca Juga : Harga Solar Naik, Nelayan di Kendal Menjerit Tak Bisa Melaut

Beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu diantaranya jenis cabai, bawang merah dan wortel.

Seperti yang dikatakan pedagang di pasar Kendal, Juwarni harga cabai merah yang sempat turun menjadi Rp45.000 sekarang naik lagi mencapai Rp70.000 per kilogram.

“Harga cabai rawit yang semula Rp30.000 naik menjadi Rp40.000 per kilogram. Bawang merah juga naik menjadi Rp30.000 dari sebelumnya yang hanya Rp20.000. Harga wortel juga naik dari Rp8.000 menjadi Rp12.000 per kilogram,” jelasnya.

Selain itu untuk harga ayam potong pun juga ikut naik, yang semula Rp35.000 naik menjadi Rp36.000.

Di lain pihak bagi warung makan, tidak berani menaikkan harga untuk para pelanggan. Untuk menyiasati agar tidak rugi pemilik warung hanya mengurangi porsinya.

Baca Juga : Tertangkap Basah Rekap Judi Online, Warga Cepiring Kendal Dibekuk Polisi

“Belum berani menaikan harga jual takut diprotes pembeli. Paling yang dilakukan hanya mengurangi porsinya saja yang penting tidak rugi,” tanggapan salah satu pemilik warung makan di Kendal.

Langkah progresif pemerintah untuk mengupayakan pengendalian harga sejumlah komoditas pasar sejak dinaikannya harga BBM sangat dinantikan oleh masyarakat. (AyoSemarang)

Baca berita dan artikel LKTNews.com lainnya di Google News.

iklan diatas footer