Ads

Gudang Pengolahan Kayu di Kaliwungu Kendal Nyaris Terbakar, Begini Kronologinya

Blower Terbakar Nyaris Hanguskan Gudang Pengolahan Kayu di Kaliwungu Kendal, Begini Kronologinya
Petugas Damkar memadamkan api yang nyaris menghanguskan Gudang Pengolahan Kayu di Jalan Arterti Mororejo Kaliwungu, Kendal, pada Senin (12/9/2022). (Foto: iNewsjateng)

KALIWUNGU, LKTNews.com - Gudang Pengolahan Kayu di Jalan Arterti Mororejo Kaliwungu, Kendal, pada Senin (12/9/2022) nyaris terbakar. Api sempat membakar serbuk hasil pengolahan kayu, karyawan sempat panik dan diminta meninggalkan pabrik karena banyak material mudah terbakar.

Kronologi Kebakaran Gudang Pengolahan Kayu di Kaliwungu Kendal

Dilansir dari ayosemarang.com, diduga api berasal dari blower yang digunakan untuk menyedot serbuk kayu panas dan membakar serbuk.

Hembusan angin membuat serbuk yang terbakar kemudian membesar dan membakar tumpukan serbuk kayu didalam gudang PT Hansa Karya Makmur.

Sejumlah karyawan pabrik pengolahan kayu ini berupaya memadamkan api didalam tempat pembuangan serbuk kayu.

Baca Juga: Diduga Tungku Oven Meledak, Pabrik Pengolahan Kayu di Brangsong Kendal Ludes Terbakar

Menurut petugas keamanan, api sudah terlihat didalam gudang tempat pembuangan serbuk kayu. Melihat kobaran api dari pembuangan serbuk kayu, petugas keamanan langsung mematikan blower dan aliran listrik di dalam pabrik.

Sambil berteriak meminta tolong, sejumlah karyawan kemudian mengambil alat pemadam ringan dan menyemprotkan api ke tempat pembuangan serbuk.

"Tadi apinya sudah terlihat di tempat pembuangan serbuka kayu, karena sudah besar saya berteriak minta tolong dan mematikan blower dan aliran listrik," ujar Rois petugas keamanan setempat.

Satu unit pemadam kebakaran dari Pos Kaliwungu yang datang ke lokasi kejadian menyemprotkan air ke dalam tempat pembuangan serbuk yang terbakar.

Petugas harus berhati-hati karena api bisa saja menyembur keluar dari serbuk yang disemprot air.

Baca Juga: Home Industri di Singorojo Kendal Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp400 Juta

Untuk meminimalisir api tidak menjalar ke bangunan gudang dan tumpukan kayu, petugas melakukan pembasahan diseluruh tumpukan serbuk kayu.

Setelah hampir satu jam dilakukan penyemprotan api berhasil dipadamkan, dan tidak sempat membakar seluruh gudang pengolahan kayu ini.

Baca Juga: Dampak BBM Naik, Harga Cabai di Kendal Tembus Rp70.000 Per Kilogram

Petugas Polsek Kaliwungu yang datang ke lokasi kejadian memeriksa sejumlah saksi dan melakukan olah tempat kejadian. Kasusnya masih dalam penanganan Polsek Kaliwungu.

Baca berita dan artikel LKTNews.com lainnya di Google News.

iklan diatas footer