Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Artinya yang Dibaca Setiap Hari | LKTNews.com

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Artinya yang Dibaca Setiap Hari

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Artinya yang Dibaca Setiap Hari
Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Artinya yang Dibaca Setiap Hari. (Foto: Dok LKTNews.com)

LKTNews.com
- Bulan suci Ramadhan akan segera tiba, bulan yang dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa sejak fajar hingga terbenam matahari, menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang dapat membatalkan puasa.

Selain hal itu sebelum puasa ada hal yang lebih penting, yaitu melakukan niat Puasa Ramadhan, karena segala hal yang dilakukan akan berjalan lancar tergantung niatnya.

Niat puasa Ramadhan itu penting, karena kelalaian dalam hal niat juga akan mengakibatkan banyak “kerugian” bagi pelakunya. 

Baca Juga : Doa Menyambut Bulan Ramadhan Arab Latin dan Artinya

Dilansir dari NU Online berikut ini adalah bacaan niat puasa Ramadhan yang baik dan benar beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى 

Latin :  Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i fardhi syahri ramadhaani haadzihis sanati lillahi ta'ala

Artinya : “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.”

Niat puasa Ramadhan dianjurkan dibaca saat malam hari atau ketika sahur. Dilansir dari NU Online, jika niat puasa Ramadhan dilafalkan di luar waktu tersebut, maka puasanya dapat dianggap tidak sah.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Hadis diatas dapat disimpulkan bahwasanya niat puasa harus dilaksanakan pada malam hari atau sebelum subuh, jika diluar waktu tersebut maka puasanya tidak sah dan harus mengganti puasanya di luar puasa bulan Ramadhan.

Puasa ramadhan tahun ini insyaallah akan dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Maret 2023, berdasarkan kalender Hijriyah Kementerian Agama (Kemenag).

Marilah sambut bulan Ramadhan ini dengan hati yang penuh sukacita dan keikhlasan. Bulan yang penuh berkah dan ampunan ini menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki diri, memperbanyak ibadah, serta mempererat hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia.

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post