Doa Menyambut Bulan Ramadhan Arab Latin dan Artinya | LKTNews.com

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Arab Latin dan Artinya

doa menyambut ramadhan nu online
Doa Menyambut Bulan Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya. (Foto: Dok LKTNews.com)

LKTNews.com - Doa menyambut bulan suci Ramadhan merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk umat Muslim. Seperti tamu agung yang dihormati, bulan Ramadhan pantas disambut dengan kegembiraan dan sukacita. Salah satu cara untuk menyambutnya adalah dengan memperbanyak doa dan pujian kepada Allah SWT.

Perlu diketahui bahwa Ramadhan tahun ini, insya Allah akan dimulai pada Kamis, 23 Maret 2023, berdasarkan kalender Hijriyah Kementerian Agama (Kemenag). Namun, kepastiannya masih menunggu hasil sidang isbat Pemerintah melalui Kemenag.

Dilansir dari halaman Sindonews, berikut adalah daftar doa untuk menyambut bulan Ramadhan. Doa ini dapat dibaca setelah shalat fardhu atau kapan saja yang kamu inginkan. Namun, lebih baik jika membacanya setelah selesai sholat fardhu.

4 Doa Menyambut Bulan Ramadhan

1. Doa Rasulullah SAW Agar Dipertemukan dengan Ramadhan

 اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِغْنَا رَمَضَانَ 

Latin: Allahumma baariklana fi Rojabi wa Sya'bana wa ballighna Romadhona. 

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan." (Hadits dha'if riwayat Al-Baihaqi dan at-Thabrani)

2. Doa Ulama Tabi'in Ulama Tabi'in, Yahya bin Abi Katsir ketika menjelang bulan Ramadhan beliau berdoa:

 اَللَّهُمَّ سَلِّمْنِي إِلَى رَمَضَانَ ، وَسَلِّمْ لِي رَمَضَانَ ، وَتُسلمهُ مِنِّي مُتَقَبَّلاً 

Latin: Allahumma sallimnaa ilaa Romadhona wa Sallimli Romadhona wa tasallimhu minni Mutaqobbala. 

Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." [Hilyatul Auliya' (1/420)] 

3. Doa Rasulullah SAW Saat Pergantian Bulan

 للَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ 

Latin: Allahu Akbar! Allahumma ahillahu 'alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, wat-taufiiqi Limaa tuhbbu wa tardho, Robunaa wa Robbukallahu. 

Artinya: "Allah Maha Besar, Ya Allah jadikanlah Hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah." (HR Ahmad 888, Ad-Darimi 1729)

4. Doa Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani

 اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِمَّنْ قَبِلْتَ صِيَامَهُمْ وَصَلاَتَهُمْ وَبَدَّلْتَ سَيِّئاَتِهِ بِحَسَنَاتِهِ. وَاَدْخَلْتَهُ بِرَحْمَتِكَ فِى جَنَّاتِكَ. وَرَفَعْتَ دَرَجَاتِهِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الراَّحِمِيْنَ 

Latin: Allahummaj 'Allanaa Mimman Qobilta Shiyamahum wa Sholaatahum wa Baddalta Sayyiaatihi bihasanati wa Adkholtahu Birahmatika Fii Jannatika, Wa Ro Fa'ta darojaatihi Birahmatika Ya Arhamar Raahimiin. 

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang Engkau terima puasa dan sholatnya, yang Engkau ganti kejelekannya dengan kebaikan, yang Engkau masukkan ke dalam surga-Mu dengan rahmat-Mu, dan yang Engkau angkat derajatnya dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih." (Kitab Al-Ghunyah li Tholibi Thoriq Al-Haq)

Itulah doa menyambut bulan suci Ramadhan lengkap Arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bishshawab. 

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post