12 Wisata Air Terjun di Kendal Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi | LKTNews.com

12 Wisata Air Terjun di Kendal Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

12 Wisata Air Terjun di Kendal Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi
Curug Jurang, Dusun Beku, Desa Gondang, Kec. Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: IG@Den_ zinyo)

LKTNews.com - Kendal memiliki banyak keindahan alam yang sangat memukau, salah satunya yaitu air terjun. Air terjun di Kendal memiliki keunikan dan keindahan masing-masing yang membuat banyak orang ingin mengunjunginya. Dari air terjun yang memiliki ketinggian yang tinggi hingga air terjun yang memiliki air yang jernih dan segar.

Dalam artikel ini, Tim LKTNews.com akan membahas beberapa rekomendasi air terjun di Kendal Jawa Tengah, mulai dari air terjun yang terkenal hingga air terjun yang masih tersembunyi tempatnya.

Wisata Air Terjun di Kendal Jateng

1. Curug Sewu

Curug Sewu
Curug Sewu, Patean, Kendal, Jawa Tengah. (Foto: [email protected])

Curug Sewu merupakan salah satu air terjun terbesar di Kendal, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan menawarkan pemandangan yang memukau bagi para pengunjung. Curug Sewu juga memiliki beberapa spot foto yang sangat indah, sehingga sangat cocok bagi kamu yang suka berfoto.

Jika Anda berada di Kendal atau berada di sekitar Jawa Tengah, pastikan untuk mengunjungi Curug Sewu dan menikmati keindahan alam yang luar biasa dari air terjun ini.

Baca Juga: 20+ Cafe di Kendal yang Cocok Untuk Tempat Nongkrong

2. Curug Lawe

Curug Lawe
Curug Lawe, Desa Pakis, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal (Foto: IG@wisatakendal)

Curug Lawe merupakan air terjun yang terletak di daerah Medini Limbangan, Kendal, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

Untuk sampai ke Curug Lawe ini dari kawasan kebun teh Medini membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dengan berjalan kaki.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Kendal Paling Hits yang Patut Kamu Kunjungi

3. Curug Citro Arum

Curug Citro Arum
Curug Citro Arum, Desa Pakis, Limbangan, Kendal, Jawa Tengah. (Foto: GoogleMaps)

Ketiga yaitu Curug Citro Arum, air terjun atau Curug Citro Arum juga merupakan salah satu curug terbesar di Kendal, tingginya saja mencapai sekitar 100 meter.

Lokasinya lumayan jauh dari jalan raya, jadi kamu harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer, lokasi tepatnya di Dusun Kedokan, Desa Pakis, Kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah.

Baca Juga: Tempat Wisata di Boja dan Limbangan yang Harus Kamu Kunjungi

4. Curug Semawur

Curug Semawur
Curug Semawur, Kejiwan, Blumah, Kec. Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: GoogleMaps)

Curug Semawur merupakan salah satu air terjun yang berada di Kendal, tepatnya di Desa Blumah Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal.

Curug Semawur dapat dijangkau dengan kendaraan roda 4 sampai pada Dusun Jiwan Desa Blumah, selanjutnya wisatawan dapat menjangkau dengan jalan kaki. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

5. Curug Glawe

Curug Glawe
Curug Glawe, Dusun Kaliereng, Desa Cening, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: IG@syamsul008)

Curug Glawe ini adalah salah satu curug yang terletak di daerah pelosok di Kendal, tepatnya di daerah Dusun Kaliereng, Desa Cening, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Akses terdekat menuju Curug Lawe yaitu bisa melalui Limbangan, kemudian menuju Desa Biting, Kecamatan Limbangan, lalu setelah itu bisa menuju arah Desa Cening.

Tinggi air terjun ini kurang lebih hampir 40 meter dengan aliran curug berbentuk lebar dan bertingkat dua.

6. Curug Panglebur Gongso

Curug Panglebur Gongso
Curug Panglebur Gongso, Dusun Keseseh, Gondang, Kec. Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: IG@samuyab)

Curug Panglebur Gongso terletak diantara kota Kendal dan Semarang. Alamat lengkapnya yaitu di Dusun Keseseh, Gondang, Kec. Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Curug ini memiliki ketinggian hingga 7 meter yang dibawahnya terdapat area kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

Curug Panglebur Gongso buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, jadi untuk kamu yang suka dengan wisata alam air terjun wajib kesini untuk menikmati keindahan Curug Panglebur Gongso ini.

7. Curug Corong

Curug Corong
Curug Jurang, Dusun Beku, Desa Gondang, Kec. Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: IG@muntari1627)

Air Terjun selanjutnya yaitu Curug Corong. Curug Corong terletak di Dusun Beku, Desa Gondang, Kec. Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Curug Corong lebih baik waktu kondisi cuaca yang mendukung, karena setibanya di tempat parkir kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan bebatuan yang cukup terjal.

Untuk mengunjungi curug ini tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis, dan buka setiap hari 24 jam.

Baca Juga: 17 Daftar Tempat Makan di Kaliwungu Kendal yang Enak dan Populer

8. Curug Jurang

Curug Jurang
Curug Jurang, Getas, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: IG@taufiq_nur_ihsan)

Curug Jurang adalah salah satu wisata air terjun di Kabupaten Kendal yang terletak di Getas, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 25 meter. Curug ini juga termasuk curug yang terletak di daerah pelosok, karena untuk mencapai kesana kamu harus ekstra hati-hati untuk melewati tebing-tebing yang curam.

Setelah sampai kamu akan disuguhkan dengan keindahan dari Curug Jurang, jadi bagi kamu yang suka berpetualangan wajib kesini.

9. Curug Lie Seng

Curug Lie Seng
Curug Lie Seng, Desa Cacaban Kecamatan Singorojo, Kendal, Jawa Tengah. (Foto: IG@wisatakendal)

Curug Lie Seng terletak di daerah Desa Cacaban Kecamatan Singorojo. Rutenya sendiri dari Pasar Boja kamu dapat mengambil jalan kerah patean, kemudian setelah sampai Kecamatan Singorojo dan sebelum turunan tajam kamu bisa masuk ke arah Desa Cacaban.

Kemudian nantinya para wisatawan sebelum menuju lokasinya harus berjalan kaki, kurang lebih 15 menit untuk sampai ke tempat air terjunnya.

10. Curug Jeglong

Curug Jeglong
Curug Jeglong, Desa Bendosari Kecamatan Plantungan, Kendal, Jawa Tengah. (Foto: IG@wisatakendal)

Air terjun yang kesepuluh adalah wisata Curug Jeglong. Curug ini memiliki 5 buah air terjun dan juga memiliki 4 kedung yang mempunyai keindahan dan keunikan tiada duanya.

Salah satu kedung merupakan petilasan Syekh Jonggrang, kedung tersebut diberi nama Kedung Jonggrang.

Curug ini juga telah dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Curug Jeglong di Desa Bendosari Kecamatan Plantungan. Tiket masuk ke dalam Curug Jeglong yaitu hanya  5 ribu saja.

11. Curug Lanang

Curug Lanang
Curug Lanang, Desa Pageruyung, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: GoogleMaps)

Curug Lanang, Desa Pageruyung, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: )

Curug Lanang, terletak di Desa Pageruyung, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal. Curug Lanang berbatasan langsung dengan desa Surokonto Wetan. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Curug Lanang menawarkan pemandangan yang eksotis, suasana yang sejuk dan dingin merupakan daya tarik bagi pengunjung yang datang.

12. Curug Sujan

Curug Sujan
Curug Sujan, Desa Getas Blawong, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. (Foto: GoogleMaps)

Curug Sujan terletak di Desa Getas Blawong, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Dari beberapa informasi lokasinya agak susah untuk dijangkau dan air terjunnya sendiri masih sangat natural yang terletak di sekitar daerah pertanian masyarakat.

Baca Juga: Daftar Tempat Makan di Boja Kendal Paling Enak dan Favorit

Itulah 12 wisata air terjun di Kendal Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi, seperti Curug Sewu, Curug Lawe, Curug Citro Arum, Curug Semawur, dan Curug Panglebur Gongso. Semua air terjun ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan.

Bagi kamu yang sedang di daerah Kendal atau sedang berwisata di daerah Kendal wajib banget untuk explore ke 12 air terjun diatas.

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post