Hujan Es Disertai Angin Kencang Melanda Wilayah Kaliwungu Kendal | LKTNews.com

Hujan Es Disertai Angin Kencang Melanda Wilayah Kaliwungu Kendal

Hujan Es Disertai Angin Kencang Melanda Wilayah Kaliwungu Kendal
Ilustrasi hujan es - Fenomena hujan es terjadi di Kaliwungu Kendal, Jumat (23/9/2022) malam. (Foto: Pixabay)

KALIWUNGU, LKTNews.com
- Fenomena hujan es disertai angin kencang melanda wilayah Kaliwungu Kendal, tepatnya di wilayah Kaliwungu Selatan hingga wilayah Kendal Kota pada Jumat (23/9/2022) malam.

Berdasarkan informasi yang kami dapat, hujan deras disertai angin kencang dan hujan es sempat membuat warga panik, pasalnya beberapa genting rumah warga seperti dilempari kerikil.

Baca Juga : Puluhan Rumah di Weleri Kendal Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

"Sebelumnya angin kencang dan banyak petir, terus tiba-tiba hujan turun dengan derasnya," ungkap Rafa warga Kaliwungu.

Butiran es sebesar kerikil terlihat jelas, bahkan warga banyak yang kaget karena baru kali ini terjadi hujan es di Kaliwungu.

"Baru kali ini hujan es. Suaranya berisik di genting seperti dilempari kerikil," jelasnya.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno menyebutkan, hujan es atau hail merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi dan termasuk dalam kejadian cuaca ekstrem. Fenomena cuaca itu dipicu adanya awan cumulonimbus. 

"Dapat dimungkinkan terjadi pada musim hujan dengan kondisi cuaca sama seperti masa transisi atau pancaroba," ujar Sutikno.

Sementara itu Kepala BPBD Kendal Sigit Sulistyo mengatakan, fenomena hujan deras disertai angin kerap terjadi di wilayah Pantura.

Baca Juga : Gudang Pengolahan Kayu di Kaliwungu Kendal Nyaris Terbakar, Begini Kronologinya

"Karena pancaroba jadi kondisi seperti ini bisa saja terjadi," jelas Sigit Sulistyo.

Dia juga menambahkan agar warga tetap waspada karena tidak bisa memastikan fenomena seperti ini akan terjadi sampai kapan, karena prakiraan cuaca yang didapat dari BMKG biasanya kondisi 8 jam terakhir.

"Warga tetap waspada dengan fenomena hujan deras dan angin kencang, karena saat siang panas dan malam dingin sehingga tekanan udara menjadi rendah," ujarnya. (AyoSemarang)

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post