Hal-Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan | LKTNews.com

Hal-Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan

Hal-Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan
Hal-Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan. (Foto: 1st)

LKTNews.com
- Kita perlu mengetahui beberapa hal yang dapat mengurangi pahala puasa Ramadhan, supaya puasa kita berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala yang maksimal. Pada kesempatan kali ini tim LKTNews.com akan membagikan artikel tentang hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, Allah SWT menjanjikan akan melipatgandakan semua pahala, maka dari itu kita jangan sampai menyia-nyiakan hal tersebut, kita harus menghindari hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa kita.

Baca Juga : Kumpulan Doa Harian di Bulan Ramadhan, Arab, Latin dan Artinya

Rasulullah bersabda:

خمسٌ يُفطِرن الصّائِم: الغِيبةُ، والنّمِيمةُ، والكذِبُ، والنّظرُ بِالشّهوةِ، واليمِينُ الكاذِبةُ

Artinya, “Lima hal yang bisa membatalkan pahala orang berpuasa: membicarakan orang lain, mengadu domba, berbohong, melihat dengan syahwat, dan sumpah palsu” (HR Ad-Dailami)

5 Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan

1. Ghibah

Ghibah atau kata lainnya yaitu gosip adalah suatu hal membicarakan keburukan orang lain. Ghibah berakibat buruk bagi pelaku dan objeknya salah satunya yaitu dapat mengurangi pahala bagi yang berghibah.

Allah Swt berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan buruk-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari buruk-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. (QS. al-Hujurāt : 12)

Islam sangat melarang umatnya untuk melakukan Ghibah, karena dapat menghancurkan hubungan antar saudara. Perilaku Ghibah akan menjadi fitnah jika kabar yang dibicarakan tersebut tidak benar.

2. Berdusta

Berdusta adalah menyampaikan sesuatu kepada orang lain yang tidak sesuai dengan kebenarannya. Dusta adalah salah satu ciri kemunafikan.

Munafik adalah orang yang secara sengaja menampakkan suatu berupa ucapan, perbuatan, atau sikap yang sesungguhnya bertentabgab dengan apa yang tersembunyi dalam hatinya. Disamping dusta sebagai tanda orang munafik, dusta juga sebagai tanda orang yang berkhianat.

Hadits tentang perintah untuk menjauhi dusta

“Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa orang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan orang kepada neraka.”

Berbohong saat bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa, tetapi dapat mengurangi pahala puasa.

"Orang yang tidak menjauhi perkataan dusta dan mengamalkan dustanya, maka tak ada hajat bagi Allah untuk menilai puasanya meski ia bersusah payah seharian menjauhi makanan dan minuman," (HR Bukhari).

Baca Juga : Kisah Inspiratif Maariya, Gadis Kecil Asal Inggris yang Hafal Al Quran Sejak Usia 7 Tahun

3. Memandang dengan Syahwat

Kenapa memandang dengan syahwat dapat mengurangi pahala puasa ramadhan? Alasannya karena salah satu tujuan puasa adalah menahan hawa nafsu, tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga syahwat.

Karena itulah, orang yang mengumbar syahwatnya ketika berpuasa, pahala puasanya akan gugur sehingga yang tersisa lapar dan haus saja.

4. Berkata Kotor

Berkata kotor dapat mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa, Nabi Muhammad SAW bersabda:

”Siapa saja yang tidak bisa meninggalkan dusta dan perbuatan - perbuatan keji atau kotor, malah mengamalkannya maka Allah SWT tidak akan dapat menerima puasa mereka dan tidak butuh dari rasa haus dan lamar yang dia tahan. ” (HR Bukhari).

Dalam hadits lain juga disebutkan:

“Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat daripada akhlak yang mulia. Dan sesungguhnya Allah membenci orang yang lisannya kotor dan kasar.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadits diatas dapat disimpulkan bahwa Allah SWT tidak akan menerima puasa mereka yang sering berkata kotor pada saat bulan puasa, karena Allah membenci orang-orang yang lisannya kotor dan kasar.

5. Mengadu Domba

Adu domba atau namimah adalah menyampaikan sesuatu yang tidak disenangi, baik yang tidak disenangi itu orang yang diceritakan ataupun orang yang mendengarnya agar terjadi permusuhan.

Adu domba merupakan akhlak tercela yang tidak disukai Allah SWT, berikut ini adalah dalil mengenai adu domba atau namimah:

وَلَا تُطِعۡ كُلَّ حَلَّافٍ مَّهِيۡنٍۙ‏ , هَمَّازٍ مَّشَّآءٍۢ بِنَمِيۡمٍۙ‏

Artinya : Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah dan suka menghina, suka mencela, yang kian kemari menyebarkan fitnah. (QS. Al-Qalam : 10-11)

Baca Juga : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Kendal 9 April 2023, Cek Waktunya

Itulah 5 hal yang dapat mengurangi pahala puasa ramadhan kita, semoga kita senantiasa dijauhkan dari hal-hal tersebut agar puasa Ramadhan kita tahun ini dapat maksimal. Wallahu a'lam bish shawab.

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post