Antisipasi Perang Sarung, Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan Pemuda di Perempatan Sawah Jati Kaliwungu | LKTNews.com

Antisipasi Perang Sarung, Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan Pemuda di Perempatan Sawah Jati Kaliwungu

Antisipasi Perang Sarung, Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan Pemuda di Perempatan Sawah Jati Kaliwungu
Petugas Gabungan membubarkan kerumunan pemuda yang berkumpul di Perempatan Sawah Jati, Kaliwungu, Minggu (17/4/2022) dini hari. (Foto: Ayosemarang)

KALIWUNGU, LKTNews.com - Jajaran Petugas gabungan dari Polsek Kaliwungu dan organisasi kepemudaan membubarkan kerumunan warga yang berkumpul saat sahur di Perempatan Sawah Jati, Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Minggu (17/4/2022) dini hari.

Kerumunan warga yang didominasi pemuda ini dianggap rawan terjadi tawuran, karena menjadi ajang kumpulnya pemuda dari sejumlah wilayah di Kaliwungu.

Petugas dari Polsek Kaliwungu, Pemuda Pancasila dan Banser sudah berjaga di Perempatan Sawah Jati sejak pukul 01.00 WIB. Lokasi ini menjadi tempat berkumpul warga yang ingin menyaksikan hiburan musik pengantar sahur. Biasanya kesenian drumblek dari berbagai kampung bertemu di Perempatan Sawah Jati, dan menunjukan kebolehannya.

Baca Juga: Polisi Bekuk Pengedar dan Pemakai Narkoba Jenis Sabu di Kendal

Tidak hanya itu, banyak pemuda yang juga membunyikan petasan berukuran besar sehingga membahayakan orang lain. 

Awalnya warga yang berkumpul tidak banyak. Namun jumlahnya semakin banyak dan rawan terjadinya tawuran karena massa dari berbagai kampung.

Mengantisipasi terjadinya perang sarung yang dapat memicu tawuran, petugas gabungan ini bertindak tegas. Pemuda yang berkerumun dan berkumpul di Perempatan Sawah Jati diminta membubarkan diri.

Baca Juga: Diduga Pengedar Pil Koplo, Pemuda di Weleri Dibekuk Satresnarkoba Kendal 

Petugas sempat mengejar seorang pemuda yang nekat menyalakan petasan di tengah kerumunan. Aksi kejar-kejaran pun terjadi namun banyaknya warga yang berkerumun membuat petugas kewalahan. 

Petugas mengamankan petasan berukuran besar yang belum sempat dibakar, dan membubarkan kerumunan warga. Petugas juga menghalau pemuda yang bermain drumblek melintas di Perempatan Sawah Jati karena bisa memicu kerumunan dan aksi tawuran bisa saja terjadi.

Salah satu warga mengaku, setiap Minggu saat sahur memang di Perempatan Sawah Jati menjadi ajang berkumpul warga dari beberapa kampung.

Baca Juga: Polres Kendal Cokok Pengedar Narkoba di Wilayah Patebon, Ratusan Obat Terlarang Disita

"Biasanya ingin lihat drumblek main dan melihat petasan. Jumlahnya banyak bahkan biasanya sampai macet karena jalan penuh dengan warga yang ingin melihat," kata Sahuri.

Menurut Kapolsek Kaliwungu AKP Irsanto, Aksi membubarkan warga ini sebagai langkah antisipasi mengingat dapat memicu aksi tawuran. 

"Petugas kita siagakan di lokasi dan berpatroli agar tidak ada kerumunan yang dapat memicu tawuran," ujar dia.

Baca Juga: Pengedar Narkoba Jenis Sabu-sabu di Cepiring Kendal Ditangkap Polisi

Selain mengawasi dan memantau di Perempatan Sawah Jati, patroli petugas juga dilakukan di daerah yang rawan tindak kejahatan. (Edi Prayitno)

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post