Ads

Cara Main Saham dengan Modal Kecil, Pemula Wajib Tahu!

Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil
Ilustrasi - Cara Main Saham dengan Modal Kecil. (Foto: Pixabay)

LKTNews.com - Berikut tips main saham dengan modal kecil, pemula wajib tahu! Bagi kamu yang masih pemula atau baru terjun ke dunia saham, tips ini sangat disarankan bagi kamu. Karena investasi saham maupun investasi jenis lainnya yaitu investasi yang memiliki risiko.

Risiko yang akan kamu dapatkan ketika bermain saham juga ada banyak, mulai dari risiko kecil hingga risiko investasi yang besar. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut maka penting mengetahui tips main saham ini. 

Sekarang ini kamu bisa melakukan investasi saham dengan modal kecil mulai dari Rp100.000 (100 ribu) saja sudah bisa bermain saham. Nominal ini sangat disarankan bagi kamu para investor pemula. 

Tapi ingat, meskipun berinvestasi saham dengan modal kecil maupun besar tetap memerlukan kesabaran, ketelitian dan kecermatan.

Lalu, bagaimana cara main saham dengan modal kecil? Yuk simak tips dibawah ini!

Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil

Berikut tips main saham modal kecil cocok untuk pemula yang sudah Tim Saham AdityaTekno rangkum.

1. Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Biaya Terendah

Tips pertama dalam bermain saham yaitu membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Meski demikian, pilihlah perusahaan sekuritas yang menawarkan setoran rendah dan biaya ringan.

Untuk awal setoran, paling tidak carilah perusahaan sekuritas yang memperbolehkan setoran awal di bawah Rp5.000.000 (5 juta). Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan biaya transaksi pada setiap transaksi saham. 

Harga fee pada setiap perusahaan berbeda, maka dari itu kamu harus memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi saham paling rendah dan murah. Karena hal ini sangat penting, sebagai cara bermain saham dengan modal kecil.

2. Pakai Aplikasi Trading Saham

Kenapa? Dulu mengurus investasi saham merupakan hal yang sulit karena kamu pasti kebingungan melihat fluktuasi pasar. Tapi tenang, kini kamu sudah bisa melakukan investasi dengan mudah, cukup dengan smartphone saja. 

Baca Juga: 8+ Tips Investasi Saham Untuk Pemula Agar Cepat Cuan

Sudah banyak aplikasi invetasi saham maupun trading saham yang bisa diunduh gratis di Play Store dan AppStore. Dengan aplikasi ini kamu bisa bermain trading online kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi tersebut biasanya disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening efek. Dan pastikan kamu memilih perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan aplikasi online trading.

3. Pilih Satu atau Dua Emiten Saham Saja

Tips main saham dengan modal kecil selanjutnya yaitu dengan memilih saham dari emiten perusahaan besar yang sudah dikenal publik. Kamu bisa mencari saham dengan harga di sekitar ratusan Rupiah saja per lembarnya.

Sebagai pemulaan, satu atau dua emiten saham perusahaan saja sudah cukup. Metode bermain saham dengan modal kecil ini berguna untuk memperkecil risiko kegagalan.

Kamu bisa membuka halaman situs Bursa Efek Indonesia dan mulai menyeleksi perusahaan yang telah terdaftar. Disana Kamu bisa memilih perusahaan mana yang bagus kinerjanya dan cocok dengan modal yang dimiliki. Dan jika dirasa sudah cukup berpengalaman, kamu bisa mulai membeli beberapa emiten saham lainnya.

4. Cari Tahu Indeks Saham yang Paling Tepat

Indeks saham wajib diketahui jika kamu main saham dengan modal kecil. Indeks saham adalah portofolio imajiner yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut. Jika indeks saham naik, berarti harga sebagian besar saham juga meningkat.

Sedangkan jika indeks saham turun, maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun. Sebagai pemula, sebaiknya pilihlah saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30.

Sebab, kedua indeks itu terdiri atas perusahaan-perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar, dan didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

5. Pantau Pergerakan Ekonomi dan Giat Melakukan Analisa Fundamental

Terakhir, tips main saham yang selanjutnya yaitu dengan sering-sering memantau pergerakan ekonomi baik di dalam maupun di luar negeri. Sebab, dengan mengamati pergerakan saham Kamu akan cermat dalam memprediksi pergerakan saham milik Kamu.

Hal ini penting untuk menentukan waktu kapan harus membeli saham baru atau menjual saham yang telah Kamu miliki. Selain pergerakan ekonomi, pergerakan sosial dan politik juga seringkali mempengaruhi pergerakan saham loh!

Tidak hanya itu saja, Kamu juga harus sering melakukan analisa fundamental terhadap saham Kamu sendiri dan saham yang Kamu beli. Karena apa? Karena analisa fundamental akan membantu Kamu dalam membuat keputusan, apakah membeli atau menjual saham yang Kamu miliki.

Artikel ini sudah tayang di web Saham AdityaTekno dengan judul 5 Cara Bermain Saham Hanya dengan Modal Kecil, Cocok untuk Pemula.

Baca berita dan artikel LKTNews.com lainnya di Google News.

iklan diatas footer