Pengendara di Kendal ini Langgar Lalin Tak Ditilang, Malah Dihukum Kenakan Baju Badut | LKTNews.com

Pengendara di Kendal ini Langgar Lalin Tak Ditilang, Malah Dihukum Kenakan Baju Badut

Pengendara di Kendal ini Langgar Lalin Tak Ditilang, Malah Dihukum Kenakan Baju Badut
Badut Polisi yang ikut Operasi Zebra Candi 2021 di Perempatan Masjid Agung Kendal, Selasa (23/11/2021). (Foto: klikwarta.com)

KENDAL, LKT News - Operasi Zebra Candi kali ini digelar jajaran Satlantas Polres Kendal Jawa Tengah nampak berbeda dengan yang sebelumnya. Ada cara unik yang dilakukan saat berhasil menjaring pengendara yang melanggar peraturan berlalu lintas.

Petugas Satlantas Polres Kendal, meminta pelanggar menggunakan pakaian badut polisi dan menegur pelanggar lainnya untuk taat prokes dan berlalu lintas. Cara ini dilakukan untuk mengajak warga peduli dengan protokol kesehatan dan keselamatan berlalu lintas. 

Seperti Operasi Zebra Candi 2021 dilakukan di perempatan Masjid Agung Kendal, Selasa (23/11/2021). petugas Satlantas Polres Kendal memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan dan masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Petugas juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga : Operasi Patuh Candi 2021, Satlantas Polres Kendal Bagikan Masker dan Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Dengan membawa poster bertuliskan imbauan tertib lalu lintas dan protokol kesehatan, petugas berdiri di pinggir jalan sembari membagikan stiker dan bunga kepada pengguna jalan.

Sementara petugas lainnya menghentikan pengguna jalan yang tidak patuh prokes dan melanggar lalu lintas. Pelanggar dihentikan dan diberi peringatan, untuk tidak mengulangi kesalahan.

Pengendara di Kendal ini Langgar Lalin Tak Ditilang, Malah Dihukum Kenakan Baju Badut
Pengendara yang terjaring operasi tidak ditilang tapi dihukum kenakan baju badut Polisi untuk mensosialisasikan prokes dan mengajak pengendara tertib berlalu lintas. (Foto: GATRA/Agus Riyadi)

Tidak ada denda atau tilang bagi pelanggar lalu lintas dan prokes ini. Petugas meminta pelanggar mengenakan pakaian badut polisi dan ikut memberikan imbauan kepada pengguna jalan.

Baca Juga : Polsek Brangsong Kendal Gelar Operasi Yustisi dan Ajak Masyarakat untuk Vaksin

Kasat Lantas Polres Kendal AKP Ilham Safriantoro Sakti menjelaskan, Operasi Zebra Candi 2021 kali ini lebih unik dan inovasi. 

"Sasarannya adalah pendisiplinan protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas. Kita memberikan sanksi yang unik bagi pelanggar menggunakan pakaian badut dan menertibkan pelanggar lainnya," jelasnya.

Harapannya, dengan cara ini masyarakat lebih peduli dan berani mengingatkan kepada pelanggar prokes dan tidak tertib lalu lintas agar tidak melanggar.

Tidak hanya itu, Satlantas Polres Kendal juga menampilkan karakter dalam film Squid Game dengan harapan warga masyarakat lebih mudah mencerna pesan-pesan tertib lalu lintas dan prokes.

Baca Juga : Horor! Petugas Vaksinasi di Kendal Ini Berdandan ala Pocong hingga Annabelle

Sementara Warsito pelanggar prokes yang dihentikan petugas mengaku kaget. Saya kaget tadi dihentikan petugas Satlantas Polres Kendal karena lupa tidak pakai masker. Kirain disuruh bersihkan sampah, tapi malah disuruh pakai pakaian badut polisi dan ikut menegur pelanggar lain, katanya.

(Reporter GATRA: Agus Riyadi)

FOLLOW LKTNEWS.COM DI GOOGLE NEWS.

Next Post Previous Post