Ads

Cegah Limpasan Air Hujan di Perumahan Kaliwungu Selatan, Mahasiswa KKN UNDIP Buat Perencanaan Saluran Drainase

Cegah Limpasan Air Hujan di Perumahan Kaliwungu Selatan, Mahasiswa KKN UNDIP Buat Perencanaan Saluran Drainase
Survey Lokasi Bersama Salah Satu Warga di belakang Rumah Warga Blok L RT 03/RW 01 Dusun Sawah Alas. (Foto: Rafiando)

KALIWUNGU SELATAN, LKTNews.com - Drainase memiliki peran yang sangat penting di kawasan berpenghuni terutama di daerah perumahan. Sistem saluran drainase yang baik dapat mencegah dari terjadinya permasalahan-permasalahan seperti banjir, erosi tanah, kerusakan pada fasilitas umum maupun fasilitas pribadi, dan masih banyak lagi. 

Oleh sebab itu, jaringan sistem drainase perlu dirancang sedemikian rupa agar bisa saling terhubung dan mengalirkan air ke tempat yang semestinya dengan baik dan tepat.

Misalnya saja di Perumahan Griya Hikmah Lestari atau lebih tepatnya lingkungan Blok L, RT 03/RW 01 Dusun Sawah Alas. Karena pembangunan yang belum merata dan masih akan terus berlanjut, mengakibatkan terjadinya perbedaan elevasi tanah di belakang rumah warga blok L. 

Ketika musim penghujan tiba, hal ini mengakibatkan adanya aliran limpasan air hujan dari elevasi yang lebih tinggi ke elevasi yang lebih rendah, sehingga dampaknya air masuk kerumah warga. 

Hal ini tentunya harus segera diatasi dengan adanya saluran drainase diantara perbedaan elevasi tanah tersebut sehingga limpasan air hujan dapat dialirkan dengan tepat.

Berawal dari permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro membuat desain perencanaan saluran drainase di belakang Rumah Warga Perumahan Griya Hikmah Lestari Blok L, RT 03/RW 01 Dusun Sawah Alas, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

Diharapkan dari perencanaan saluran drainase itu dapat menyelesaikan permasalahan limpasan air hujan yang terjadi karena perbedaan elevasi tanah. 

Selain itu, diharapkan juga desain yang sudah dibuat ini dapat membantu dalam pengajuan dan memberikan gambaran kepada pihak pengelola perumahan agar mereka dapat segera merealiasasikan sistem saluran drainase tersebut. Sehingga kejadian limpasan air hujan yang masuk kedalam rumah warga tidak terulang kembali di kemudian hari terutama pada saat curah hujan tinggi.

Denah Perencanaan Drainase
Denah Perencanaan Drainase. (Gambar: Rafiando)

Detail Perencanaan Drainase
Detail Perencanaan Drainase. (Gambar: Rafiando)

Pembuatan desain perencanaan saluran drainase ini dilakukan pada hari Minggu, 6 Februari 2022. Dimulai dari melakukan survey dan pengukuran lapangan dan sekitar lokasi perencanaan drainase terlebih dahulu. 

Kemudian, dilakukan proses perencanaan saluran drainase mulai dari perhitungan dimensi saluran, pembuatan desain denah dan detail saluran, perhitungan bahan yang diperlukan dalam pembuatan perkerasan saluran, hingga perhitungan Rencana Anggaran Belanja (RAB) dalam pembuatan saluran tersebut. 

Setelah desain perencanaan saluran drainase tersebut selesai dibuat, dilakukan penyampaian desain tersebut kepada Ketua RT 03/RW 01, Dusun Sawah Alas. 

Dengan harapan desain tersebut dapat dilanjutkan pengajuannya kepada pihak pengelola perumahan oleh Ketua RT. 

"Saya mewakili warga RT 03 terutama warga Blok L berterima kasih atas desain perencanaan saluran drainase ini, semoga dengan ini pihak pengelola perumahan dapat membantu pendanaan dalam pembuatannya. Paling tidak hal ini sudah dapat memberikan gambaran kepada kami jika ingin merealisasikan saluran drainase tersebut dikemudian hari dengan dana sekian yang dibutuhkan," ujar Ketua RT RT 03/RW 01, Dusun Sawah Alas, Senin (7/2/2022).


Penulis: Rafiando
Editor: Aditya Nur Kahfi

Baca berita dan artikel LKTNews.com lainnya di Google News.

iklan diatas footer